Wacana Anda Membuka Dunia! Microsoft, Blogging, Ringkasan Materi

Pages

Senin, 01 Juli 2013

Definisi Pengertian Jaringan Komputer Internet Belajar Mudah


 
Pengertian Definisi jaringan internet komputer
Okedeh kali ini, pada post artikel mudah dari @devara_vieo menulis artikel postingan tentang Pengertian Definisi Arti Dan Belajar Dasar Jaringan Internet dan Komputer Singkat dan jelas beserta definisi / pengertian akan diterangkan seperti di bawah ini. Beberapa pelajaran yang saya dapati sendiri jadi bukan hanya ambil. Karena hanya sumber dari guru saya. xixixi (#promosi). Ya sudah, inilah. Sebelumya ini tentang Pengertian definisi atau arti dari jaringan / network komputer atau internet.

Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung-hubungkan dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibagi menjadi empat kelompok, yaitu jaringan komputer lokal, jaringan komputer metropolitan, jaringan komputer skala luas, dan interjaringan. Berikut ini adalah penjelasan tentang kelompok jaringan tersebut.

1. Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network atau LAN)

Pengertian definisi atau arti Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Jarak yang dapat dijangkau oleh LAN kurang lebih 10 km. LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor, sekolah, atau pabrik-pabrik untuk memakai resource secara bersama (misalnya, printer atau scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya.
Keuntungan dari jaringan LAN adalah sebagai berikut:
a.    Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (file sharing).
b.   Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (printer sharing).
c.    File-file data dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
d.   File data yang keluar atau masuk dari dan ke server dapat dikontrol.
e.    Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
f.     Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
g.   Komunikasi antarkaryawan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail dan chat.

2. Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network atau MAN)
Pengertian definisi atau arti Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas-batas tertentu, misalnya dalam suatu kawasan metropolitan atau satu kota. Jarak maksimum yang dapat dijangkau oleh MAN adalah 80 km. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.
Keuntungan jaringan MAN adalah:
a.    Dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
b.   Jangkauan lebih luas dari LAN.
c.    Lebih irit kabel jaringan, karena tidak terlalu membutuhkan banyak kabel jaringan.

3. Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network atau WAN)
Pengertian definisi atau arti Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area sangat luas, misalnya antarpulau, negara, benua, bahkan ke luar angkasa. Contoh WAN yang sangat terkenal adalah Internet. Tetapi, WAN dapat juga menjadi network pribadi. Sebagai contoh, suatu perusahaan yang memiliki kantor-kantor di berbagai negara dapat memiliki WAN yang menghubungkan kantor-kantor tersebut melalui hubungan telepon, satelit, dan teknologi-teknologi lainnya. Biasanya, WAN terdiri dari banyak LAN yang diinterkoneksikan.
Keuntungan jaringan WAN adalah sebagai berikut:
a.    Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
b.   Komunikasi antarkantor dapat menggunakan e-mail dan chat.
c.    Dokumen atau file yang biasanya dikirimkan melalui faksimile ataupun paket pos, dapat dikirim melalui e-mail dan transfer file dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
d.   Pooling dan updating data antarkantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

4. Interjaringan (Interconnection Network atau Internet)
Pengertian definisi atau arti Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung. Pada umumnya, untuk membangun sebuah jaringan Internet membutuhkan peralatan jaringan, seperti repeater (penguat sinyal), bridge (penghubung antarjaringan), router (pengatur lalu lintas dalam jaringan), dan gateway. Komputer yang terkoneksi ke Internet merupakan bagian jaringan. Komputer terhubung ke Internet dengan menggunakan modem yang terkoneksi ke sebuah Internet Service Provider (ISP). Kemudian, ISP akan terkoneksi ke dalam sebuah jaringan yang lebih besar, dan demikian seterusnya. Jadi, Internet merupakan jaringan yang berisi jaringan. Jika pengguna yang ingin terkoneksi ke Internet menggunakan ISP, maka ISP harus menyediakan tempat atau terminal yang digunakan untuk mengakses jaringan yang disebut Point of Presence (POP).

Sekian Artikel Posting Pengertian Definisi Arti Jaringan / Network Komputer  Internet serta Definisi / Pengertian singkat cara belajarnya. Terima kasih sudah belajar. Bersama yang Mudah Itu Indah.

Fx x < jaringan komputer [ internet ] serta definisi / pengertian singkat, belajar jaringan komputer awam, jaringan komputer, jaringan komputer definisi, pengertian jaringan komputer pengertian definisi arti dan belajar dasar jaringan internet dan komputer singkat dan jelas beserta definisi / pengertian artikel posting pengertian definisi arti jaringan / network komputer  internet serta definisi / pengertian singkat cara belajar tutorial internet /> x fx
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Mudah Itu Indah ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0